English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Waspada Jangan memakai Bra Secara Asal


Sudah benarkah cara Anda memilih dan menggunakan bra? Jika menggunakan bra dengan cara yang salah, maka risiko nyeri bahu hingga ke bagian belakang kepala akan menghantui.

Menurut pendiri The Centre for Orofacial Pain India, Dr Raashi Khatri Panjabi, banyak remaja yang berkonsultasi dengannya karena merasa nyeri yang amat sangat di bagian lengan dan menjalar hingga ke belakang kepala. "Hal ini disebabkan mereka menggunakan bra dengan cara yang tidak benar," ujar Khatri, seperti dilansir Times Of India, Kamis (20/6/2013).

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa 80 persen wanita tidak menggunakan bra-nya dengan benar. Hal ini diamini Dr Khatri yang mengatakan kebanyakann wanita menggunakan ukuran bra yang benar-benar pas dengan payudaranya. Hal itu mengakibatkan ketegangan di bahu dan leher, sakit kepala, masalah tulang belakang, juga sakit punggung.

"Ukuran bra yang terlalu pas apalagi dengan bantalan bra yang sangat empuk akan memberi tekanan berlebih pada otot trapezius sehingga timbulah masalah nyeri tulang belakang sampai sakit kepala akut," jelas Dr Khatri.

Otot Trapezius adalah otot segitiga yang memanjang dari dasar tengkorak, bagian belakang leher, bahu, yang terhubung dengan syaraf di pinggang.

Untuk diketahui, setidaknya ukuran bra berubah ukuran minimal lima kali seumur hidup. Kepala Departemen Ortopedi Rumah Sakit KEM Parel, India, Dr Pradeep Bhosle mengatakan bahwa tali bra yang ketat akan memengaruhi sirkulasi darah sehingga timbulah ketegangan di leher dan bahu, sakit kepala, masalah tulang belakang leher, dan punggung.

Direktur Bandra's Cosmetic Surgery Institute, Dr Mohan Thomas menambahkan wanita yang sering mual dan asam lambungnya naik, jangan menggunakan bra yang terlalu ketat. "Kondisi mereka akan memburuk dan nafasnya terbatas akibat punggung dan dada tertekan bra yang ketat," tutur Thomas.

Tak hanya ukuran bra, para wanita pun harus memperhatikan warna bra yang digunakannya. Seperti penjelasan Ahli Dermatologis Dr Manohar Sobhani, bra juga bisa meyebabkan benjolan merah dan urtikaria atau gatal-gatal.

"Gunakan warna pastel karena warna cerah cenderung mengakibatkan ruam," jelas Sobhani.

Selain itu, pilihlah bra dengan bahan katun. "Serat sintetis seperti nilon cenderung menyebabkan infeksi jamur," 
imbuhnya.
@Jonarsa24 

source : DetikHealth 


0 komentar:

Posting Komentar