English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan, sangat sulit dilakukan bagi mereka yang sudah lama kecanduan nikmatnya kepulan asap tembakau. Banyak ahli-ahli yang sudah menulis mengenai tips untuk berhenti merokok, dan pada kenyataannya ada yang berhasil dan banyak juga yang gagal mengikuti tips-tips tersebut. Bahkan jika sebelumnya Indonesia dijuluki "Kids Smookers", kini Negara kita dijuluki  "Baby Smookers" oleh kalangan Aktivis Rokok Internasional gara-gara banyak ditemukan Balita yang sudah menghisap rokok.

Tips untuk berhenti merokok sebenarnya sudah ditulis dalam rokok itu sendiri, dimana pada bungkus rokok tertulis "Merokok dapat menyebabkan Kanker, serangan jantung,impotensi dan gangguan kehamilan dan janin" . Peringatan tersebut sebenarnya Tips ampuh untuk berhenti merokok, karena jika memang kita mau benar-benar berhenti merokok, maka bacalah peringatan tersebut dengan seksama, kalau perlu bayangkan dalam tubuh kita sudah terkena kanker, jantung, dan impoten!

Apa yang membuat berhenti merokok itu sangat sulit untuk dilakukan?
Kandungan zat dalam rokok erat kaitannya dengan sel-sel saraf manusia. Otak secara normal memiliki substansi-substansi yang memberikan efek penenang dan efek rangsangan pada sel-sel saraf, dimana substansi-substansi tersebut bekerja dengan cara menempel pada reseptor-reseptor sel-sel saraf. Sel saraf atau neuron berfungsi mengirimkan pesan (impuls) yang berupa rangsang atau tanggapan. Dengan menghisap rokok nikotin masuk untuk memberikan sebuah pesan berupa Dopamin, lalu otak meneruskan rangsangan tersebut. Dopamin inilah yang memberikan efek menenangkan dan merangsang organ-organ lain, yang memberikan efek menyenangkan dari merokok. Namun, ketika nikotin terus menginduksi pelepasan dopamin, otak secara bertahap mengurangi produksi dopamin ketika nikotin tidak ada, dan otak akan merasakan kebutuhan yang lebih besar terhadap nikotin untuk tetap bekerja normal dan merasa nyaman. Ketika satu jam saja orang yang kecanduan tidak menghisap rokok, maka pasti keadaan dirinya tidak nyaman, karena pengaruh Dopamin tadi. Inilah kenapa berhenti merokok itu sangat sulit dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk berhenti merokok:
  • Awali dengan niat yang besar dan sungguh-sungguh.
  • Lakukan ini demi untuk kesehatan, karena harta yang paling utama itu adalah SEHAT.
  • Rencanakan Hari H atau tanggal memulai berhenti merokok, dan sebelum hari H tersebut datang usahakan membuang segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok.
  • Jauhi sementara orang-orang atau teman sesama perokok, buat sebuah kesibukan apapun jenis nya untuk meredam pikiran tentang rokok.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran
  • Ingat berhenti merokok akan membentuk tubuh kita semakin bagus, perlu diketahui wanita itu tidak suka dengan bau rokok yang ada dimulut pria, padahal area mulut itu hal penting dalam berhubungan dengan pasangan kita.
  • Coba menghitung faktor ekonomi, kita merokok 1 bungkus sehari = 10.000. Jika berhenti merokok selama 1 bulan kita bisa mendapat uang sebesar 300.000 rupiah.
  • Ini yang paling penting, jika datang bad mood,stress atau masalah selama masa menghilangkan kecanduan rokok, usahakan agar tetap tenang dan cari aktivitas hiburan yang ada disekeliling kita.
  • Dan yang terakhir adalah jangan putus asa, coba dan coba terus. Yakinkan diri bahwa berhenti merokok sama sekali tidak sia-sia. Pikirkan kualitas hidup yang lebih baik jika bebas dari asap rokok dan cepat mati jika terus merokok. 
Tips untuk berhenti merokok ini adalah hanya sebatas pendorong, segala sesuatu nya ada di tangan kita sendiri, mau berhenti merokok atau tidak sama sekali itu adalah pilihan kita. Selamat mencoba.


2 komentar:

TOKO BAGUS mengatakan...

Terimakassih atas tips-tipsnya sangat bermanfaat buat saya pribadi salam

joni arisandy mengatakan...

iya sama sama semoga bermanfaat...
salam

Posting Komentar